Merdeka.com - PT Garuda Indonesia (persero) mencatat kerugian USD 99,1 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun di kuartal I-2017. Capaian ini turun 11.969 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2016, di mana Garuda Indonesiamencatatkan kerugian sebesar USD 800 ribu.
Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala Mansury mengatakan, kerugian tersebut terjadi karena meningkatnya biaya operasi sebesar 21,1 persen, yang berdampak tergerusnya laba bersih. Selain itu kerugian ini disebabkan karena peningkatan biaya bahan bakar pesawat atau avtur dan biaya pelayanan lain.
"Penyebabnya kenapa? Karena memang dalam satu tahun ini peningkatan biaya khususnya fuel dan biaya lainnya termasuk service dan system reservasi," kata Pahala saat konferensi pers di Gedung Garuda, Jakarta, Jumat (28/4).
Sepanjang kuartal I-2017, Garuda Indonesia mencatatkan kinerja operasional yang cukup kuat, dengan capaian pertumbuhan angkutan penumpang hingga 3,4 persen. Pencapaian cukup signifikan pada sektor penerbangan internasional dengan peningkatan penumbuhan penumpang hingga 26,1 persen dibandingkan kuartal I tahun 2016.
Sementara itu sepanjang kuartal I-2017 kapasitas produksi Garuda Indonesia telah meningkat 10,9 persen menjadi 15,8 juta dari 14,3 seat per kilometer 2016. Adapun pertumbuhan seat load factor pada tahun 2017 tercatat sebesar 72,5 persen meningkat 2,7 persen dibandingkan periode yang sama 2016. Namun demikian, Garuda Indonesia masih saja merugi. Sebagian pihak bahkan mencemaskan kondisi keuangan maskapai pelat merah ini.
Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio mengatakan kerugian yang dialami Garuda Indonesia terjadi karena budaya 'mewah' yang dimiliki oleh Garuda Indonesia.
"Garuda itu punya culture, kalau krunya tinggal di hotel itu harus hotel bintang 5. Pakai baju batik harus sama. Wine-nya juga harus mahal. Ini budayanya yang susah diubah. Budayanya sudah begitu," kata Agus di Jakarta, Kamis (15/6).
Selain itu, adanya persaingan antar maskapai penerbangan juga memengaruhi keuangan perusahaan pelat merah ini. Mengingat, banyak aturan yang harus dipatuhi oleh maskapai.
Kerugian juga disebabkan sejumlah faktor, di antaranya biaya operasi yang naik 21,3 persen, terutama bahan bakar yang melonjak 54 persen dari USD 189,8 juta pada kuartal I-2016 menjadi USD 292,3 juta dalam periode sama 2017.
"Juga rute, kita ada 33 bandara internasional. Orang Amerika atau Eropa mau ke Sumatera Utara naik Singapore Airlines. Harusnya transit di Jakarta dulu. Tapi ini bisa langsung karena sudah bandara internasional. Jadi Garuda itu marketnya habis oleh asing," imbuhnya.
No comments:
Post a Comment